Informasi Penting yang Berkaitan dengan Listrik Pintar

Informasi Penting yang Berkaitan dengan Listrik Pintar

Pernahkan Anda memperhatikan alasan mengapa peralatan elektronik di rumah dapat digunakan? Jika Anda memperhatikannya dengan baik, peralatan elektronik yang berada di rumah hanya dapat bekerja dengan mengandalkan energi listrik. Hingga kini, kebutuhan listrik masyarakat dipenuhi oleh Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Sama halnya dengan perusahaan milik negara lainnya, PLN memberikan pelayanan yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan dari pihak PLN. Jika dahulunya PLN hanya menyediakan layanan listrik pascabayar saja, kini PLN memberikan pilihan layanan listrik yang berbeda dan modern. Layanan listrik ini dikenal dengan listrik pintar. Untuk mengenal lebih jauh akan layanan listrik baru milik PLN ini, simak informasi penting apa saja yang berkaitan dengan layanan listrik terbaru tersebut.

Informasi Penting yang Berkaitan dengan Listrik PintarPada layanan listrik pascabayar, Anda dapat menggunakan energi listrik terlebih dahulu. Biaya listrik dapat dibayarkan pada bulan yang akan datang. Mekanisme ini membuat pihak PLN berkewajiban untuk mencatat, menghitung serta mengeluarkan pemberitahuan mengenai seberapa besar tagihan yang perlu Anda bayarkan nantinya. Jika Anda terlambat atau tidak melakukan pembayaran listrik setelah melakukan penggunaan daya listrik, PLN berhak memberikan teguran atau pemutusan aliran listrik. Berbeda dengan listrik pintar, Anda tidak akan mengalami hal-hal tersebut. Layanan baru PLN ini dikenal pula dengan layanan listrik prabayar. Ketika Anda menggunakan sistem ini, Anda memiliki kesempatan untuk mengendalikan biaya pengeluaran selama menggunakan energi listrik. Tidak hanya dapat disesuaikan berdasarkan dengan kebutuhan, Anda dapat pula menyesuaikan energi listrik berdasarkan dengan kemampuan.

Sama halnya dengan isi ulang pulsa yang Anda gunakan pada ponsel, Anda dapat membeli token atau voucher listrik isi ulang terlebih dahulu sebelum menggunakan energi listrik. Pengisian voucher dapat dilakukan di loket pembayaran listrik online, gerai ATM atau pihak-pihak yang telah bekerja sama dengan PLN. Token listrik yang telah Anda beli berisikan 20 digit angka. Angka-angka tersebut kemudian dimasukkan ke kWh meter rumah. KWh yang digunakan pada listrik pintar disebut dengan MPB atau Meter Prabayar. Pada layar MPB, Anda dapat melihat informasi penting yang perlu diketahui sebagai seorang pelanggan. Informasi penting tersebut berisikan:

  1. Besar energi listrik yang telah Anda masukkan ke dalam MPB. Energi listrik dapat dimasukkan dengan jumlah yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika energi listrik akan habis, MPB akan memberikan pemberitahuan berupa suara. Jika Anda mendengar suara tersebut, sudah waktunya bagi Anda untuk melakukan pengisian energi listrik segera.
  2. Informasi berupa besar energi listrik yang telah Anda gunakan selama ini.
  3. Informasi atau keterangan akan besar kWh yang sedang Anda gunakan saat ini
  4. Informasi akan besar energi listrik atau kWh yang masih tersisa.
READ  Klaim Token Listrik Gratis dari Pemerintah

You May Also Like

About the Author: Admin