Klaim Token Listrik Gratis dari Pemerintah

Klaim Token Listrik Gratis dari Pemerintah

Ada banyak kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi oleh masyarakat, salah satunya adalah kebutuhan akan listrik. Seperti yang kita ketahui, listrik memiliki peranan yang amat penting bagi kehidupan manusia saat ini. Selain dapat digunakan untuk penggerak peralatan elektronik, energi listrik juga dapat menghasilkan jenis energi lainnya. Karena pengaruhnya yang sangat luar biasa, hampir sebagian rumah di Indonesia telah dilengkapi dengan energi listrik. Pada masa pandemi saat ini, pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat berupa pemberian listrik gratis. Tidak hanya bagi pelanggan listrik pascabayar, listrik gratis juga diberikan kepada para pengguna listrik prabayar. Pemberikan token listrik gratis telah diberlakukan sejak bulan April 2020 lalu. Tersiar kabar, pemerintah akan memperpanjang pemberian token gratis hingga bulan September nanti. Kabar ini tentunya menjadi kabar yang menggembirakan bagi para pengguna listrik prabayar.

Klaim Token Listrik Gratis dari PemerintahPembebasan biaya listrik untuk pengguna layanan listrik pascabayar memiliki mekanisme yang berbeda dengan pelanggan listrik prabayar. Bagi pelanggan pascabayar dengan 450 VA, pembebasan tagihan listrik terjadi secara otomatis. Pada bulan-bulan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, pelanggan tidak akan dikenakan biaya tagihan listrik sama sekali. Pelanggan tidak perlu melakukan aksi nyata agar terbebas dari biaya tagihan listrik setiap bulannya. Bagi pengguna layanan listrik prabayar. mendapatkan token listrik gratis membutuhkan aksi nyata. Pelanggan harus mengirimkan pesan via Whatsapp yang berisikan nomor ID pelanggan. Nomor Whatsapp yang dituju adalah 08122-123-123. Nomor ID pelanggan dapat pula dikirimkan melalui website resmi milik PLN, www.pln.co.id. Token listrik yang gratis ini hanya dapat dimanfaatkan oleh pengguna listrik prabayar dengan daya 450 VA. Untuk pelanggan dengan daya listrik 900 VA, mereka akan mendapatkan subsidi listrik yang berbeda.

Pelanggan listrik prabayar dengan daya listrik 900 VA akan mendapatkan token listrik gratis sebesar 50%. Sama halnya dengan token listrik yang gratis bagi pengguna daya listrik 4590 VA, subsidi listrik 50% hanya dapat diperoleh jika pelanggan telah mengirimkan identitas diri melalui Whatsapp atau melalui email. Diskon yang diberikan oleh pemerintah senilai dengan besar penggunaan daya listrik tertinggi di 3 bulan terakhir penggunaan daya listrik. Pelanggan listrik pascabayar akan mendapatkan potongan biaya listrik secara otomatis hingga bulan September nanti. Untuk mendapatkan diskon sebesar 50%, ada cara-cara yang perlu dilakukan oleh pengguna listrik, diantaranya:

  • Melalui email
  1. Buka laman resmi PLn di pln.co.id.
  2. Memasuki menu pelanggan dan pilih stimulus Covid 19.
  3. Masukkan nomor atau ID pelanggan.
  4. Pada layar nantinya muncul token gratis. Kode yang muncul pada layar nantinya kita masukkan ke meteran listrik.
  • Melalui aplikasi Whatsapp
  1. Klik pesan pada aplikasi Whatsapp dan kirim ke 08122-123-123.
  2. Masukkan ID pelanggan dan input nomor token pada meteran yang telah dikirimkan oleh PLN.
READ  Cara Menghemat Listrik Agar Tidak Boros Biaya

You May Also Like

About the Author: Admin